Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi



Daun kemangi berkhasiat untuk memberikan rasa harum dan segar pada masakan. Bumbu dapur ini merupakan salah satu daun bumbu favorit karena aromanya yang segar dan sangat mudah diperoleh. Meski banyak dijual di pasar tradisional, ia juga dapat tumbuh di halaman rumah kita. Sebagian orang mengenal daun ini sebagai daun selasih. Ada juga yang keliru mengiranya sebagai daun ruku-ruku karena bentuknya yang mirip.
Cara penggunaan daun kemangi dapat dengan langsung dimakan mentah atau dicampurkan pada makanan. Untuk bahan campuran makanan, cuci daun kemangi terlebih dahulu dan masukkan sesaat sebelum masakan diangkat lalu aduk rata. Biarkan daun kemangi menjadi layu seiring uap masakan menguap. Biasanya daun ini digunakan untuk masakan yang memakai bahan ikan.
Selain untuk keperluan kuliner, daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Ia mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain. Beberapa macam kegunaannya:
1. Mengobati panu
Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.
2. Mengobati diare dan muntah
Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.
3. Mengobati sariawan
50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
4. Menghilangkan bau nafas / bau mulut
Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
5. Mengurangi bau keringat
Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.

0 Response to "Khasiat Daun Kemangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel